Home / BERITA / Waspada, Kawah Gunung Bromo Ikut Keluarkan Asap Intensitas Tebal

Waspada, Kawah Gunung Bromo Ikut Keluarkan Asap Intensitas Tebal

Pasarliga.org -Gunung Bromo yang sudah ditetapkan berstatus Waspada sejak tahun 2016 silam kembali menunjukkan aktivitasnya. Kali ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau, Gunung Bromo mengeluarkan asap dengan intensitas tebal di atas kawah.

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Bromo mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah berwarna putih sejak Senin sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB.

“Intensitas tebal dan tinggi 50-600 meter di atas puncak kawah,” tulis Sutopo di akun Twitter resminya, Senin (27/11/2017).

Ia mengatakan, berbarengan dengan munculnya asap berintensitas tebal, terekam pula gempa tremor secara terus-menerus. Aktivitas kegempaan terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm).

“Statusnya Waspada (level 2),” tulis Sutopo.

 

Lihat gambar di Twitter

Lihat gambar di Twitter
Sutopo Purwo Nugroho@Sutopo_BNPB

Gunung Bromo mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-600 m di atas puncak kawah. Tremor menerus terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm). Status Waspada (level 2). #budayasadarbencana @RadioElshinta

Info dan privasi Iklan Twitter

Sementara itu, berdasarkan laman resmi Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, status Waspada Gunung Bromo telah ditetapkan sejak, 20 Oktober 2016.

Sampai saat ini, BPNB akan terus memantau perkembangan aktivitas gunung aktif yang terletak di empat kabupaten di Jawa Timur. Terlebih, Gunung Agung sudah menunjukkan aktivitas erupsi, ditambah Gunung Sinabung yang masih berstatus Awas.

About pasarliga

Check Also

Rumah Cimanggis, Sejarah Depok dan Jejak VOC

PASARLIGA –  Bangunan kuno di di kompleks pemancar Radio Republik Indonesia Sukmajaya, Cimanggis, Depok, Jawa ...