Home / Kesehatan / Waspada! Ini 3 Penyakit Wanita Bertubuh Kurus

Waspada! Ini 3 Penyakit Wanita Bertubuh Kurus

Pasarliga.org  –  JAKARTA – Selain obesitas atau kelebihan berat badan, berbagai macam penyakit juga bisa mengintai mereka yang bertubuh kurus.

Salah satunya osteoporosis dan tulang rapuh. Pasalnya, orang bertubuh kurus membutuhkan lemak untuk memproduksi esterogen.

Esterogen dibutuhkan, baik wanita atau pria. Estrogen bekerja untuk kesehatan tulang karena itu, jika kekurangan estrogen, tulang akan menjadi rapuh. Berikut penyakit lainnya yang mengintai tubuh kurus seperti dilansir dari Howstuffworks.

1. Masalah reproduksi
Saat wanita terlalu kurus, siklus menstruasi akan menjadi tidak teratur dan bahkan berhenti. Akibatnya, kondisi ini bisa mempengaruhi kehamilan seperti sulit hamil hingga sulit mempertahankan kehamilan. Kondisi ini disebabkan ketidakteraturan menstruasi yang mempengaruhi lapisan rahim.

Sebuah penelitian menunjukkan wanita dengan badan kurus, 72% lebih berisiko mengalami keguguran di trimester pertama.

2. Anemia
Anemia mudah menyerang mereka yang bertubuh kurus. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi seperti zat besi, vitamin B12 dan folat.

3. Diabetes dan penyakit jantung
Tak hanya pada orang bertubuh gemuk, diabetes juga bisa dialami mereka yang kekurangan berat badan. Kondisi ini dipicu oleh daya tahan tubuh yang kurang. Sementara, penelitian 2011 menunjukkan bahwa faktor keturunan juga bisa mempengaruhi kondisi ini, di mana meski tubuh terlihat kurus, namun lemak dapat tersimpan di sekitar jantung. Tentunya kondisi ini bisa membahayakan kesehatan lantaran berisiko mengalami diabetes dan serangan jantung.

 

sumber  : sindonews.com

 

 

About pasarliga

Check Also

5 Fakta Masturbasi yang Wajib Diketahui

Pasarliga.biz – Masturbasi merupakan cara untuk mendapatkan sensasi atau kenikmatan secara seksual. Tak hanya pria, ...