Home / Gaya Hidup / Tiga Kota Indonesia Jadi Wakil Kompetisi Bebas Polusi Sedunia

Tiga Kota Indonesia Jadi Wakil Kompetisi Bebas Polusi Sedunia

PASARLIGA – Kota Jakarta, Balikpapan dan Bogor menjadi wakil dari Indonesia untuk memperebutkan gelar Kota Paling Dicintai di Dunia (The Most Loveable City) dari World Wide Fund for Nature (WWF).

Proses pemilihan yang masuk dalam kampanye ‘We Love City’ itu berlangsung setiap dua tahun sekali. Kota yang terpilih dalam daftar The Most Loveable City 2018 harus memiliki inovasi untuk mengatasi dampak perubahan iklim di kawasannya.

 

Salah satu penyumbang masalah dalam perubahan iklim ialah kendaraan bermotor. WWF ingin tahun ini ada banyak kota di dunia yang punya sistem transportasi ramah lingkungan.

“WWF sangat mendorong inisiatif kota-kota untuk memiliki inovasi dan berkontribusi aktif mengurangi emisi gas rumah kaca dalam mengatasi perubahan iklim,” kata Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Arnold Sitompul, dalam keterangan resmi yang diterima

Proses penilaian akan berlangsung mulai dari 7 Mei sampai 30 Juni 2018.

Tiga kota di Indonesia saat ini bersaing dengan 21 kota lain di dunia seperti Tokyo, Vancouver (Kanada), Istanbul dan Kuala Lumpur.

Jakarta, Balikpapan dan Bogor sudah mulai berbagai melakukan antisipasi perubahan iklim.

Promosi penggunaan TransJakarta dan pemakaian tenaga surya untuk lampu jalanan menjadi solusi Jakarta demi mengurangi polusi sebesar 30 persen hingga tahun 2030.

Sementara itu Balikpapan berupaya mengolah limbah rumah tangga menjadi energi listrik.

Sedangkan Bogor membangun lebih banyak fasilitas pejalan kaki dan pesepeda yang layak serta menggelar lebih banyak Hari Bebas Kendaraan.

Netizen bisa mendukung kota pilihannya dengan menyumbangkan suara ke www.welovecites.org atau mengunggah foto kota dengan tagar #welovecites di media sosial.

Pengumuman The Most Loveable City akan dilakukan pada akhir tahun ini.

About pasarliga

Check Also

Mahasiswa Baru Alami Gangguan Mental

 Peralihan dari masa SMA menuju dunia perkuliahan memberikan kesan yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada di antaranya ...