Home / BERITA / Regulasi Liga 1, 80 Persen Masih Sama dengan Musim 2017

Regulasi Liga 1, 80 Persen Masih Sama dengan Musim 2017

Persija Rayakan Gol Reinaldo © Fitri Apriani

 

Pasarliga.org – Regulasi untuk kompetisi Liga 1 musim 2018 tak akan banyak berubah dari 2017. 80 persen regulasi tetap sama. Regulasi tersebut juga bakal berpatokan dengan regulasi federasi sepakbola Asia, AFC.

Kompetisi Liga 1 musim 2018 rencananya akan diputar pada Februari mendatang. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator sudah berusaha menyusun regulasi tersebut jauh-jauh hari.

Draft regulasi tersebut sudah tersusun dan kini masih dalam tahap review oleh PSSI. Saat ditanya apakah ada perbedaan dalam regulasi musim depan dengan musim sebelumnya, CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya menyebut hal tersebut masih belum bisa dipastikan karena masih harus menunggu hasil review dari federasi.

“Soal perbedaan atau tidak kami menunggu keputusan PSSI saja karena draft ini kan tidak boleh dibicarakan isinya. Tapi kalau boleh saya bilang mungkin sekitar 80 persen itu tidak berubah,” ujar Risha kepada Pasarliga.org, Jumat (29/12/2017).

Risha menambahkan, regulasi tersebut tak disusun secara sembarangan. PT LIB menyusunnya dengan panduan regulasi dari pihak AFC, atau Federasi Sepakbola Asia. Tidak ketinggalan pula, regulasi Liga 1 juga akan mengacu pada aturan FIFA.

“Kami mengajukan draft regulasi itu lebih mencocokan lagi dengan regulasi yang ada di AFC sebenarnya. Supaya nanti apapun yang kami buat ada dasarnya, yaitu mengacu kepada AFC,” kata Risha.

“Walaupun tidak menutup kemungkinan dari sisi FIFA maupun AFC setiap kompetisi domestik itu diberikan hak untuk menentukan sendiri mengenai regulasi yang dibuat. Tapi secara umum kita mengacu kepada AFC,” tambahnya

Setelah regulasi itu tuntas, PSSI akan mengesahkannya saat dilangsungkannya Kongres Tahunan. Kongres tersebut rencananya bakal digelar pada Januari 2018.

 

sumber : bola.net

About pasarliga

Check Also

Jadwal TV : 19 – 22 Januari 2018

PASARLIGA – Tak terasa akhir pekan sudah kembali menjelang, dan itu artinya santapan bergizi dari ...