Jakarta – Rahasia dapur pastilah diketahui oleh orang-orang yang bekerja di dapur. Termasuk bagi karyawan McDonald’s yang ogah menyantap beberapa menu.

Karyawan restoran mungkin termasuk yang paling paham seperti apa kualitas makanan yang dimasak dan kemudian disajikan pada pengunjung. Mereka paham betul seperti apa makanan diolah jadi hanya yang berkualitaslah yang akan disantapnya.

Kepada Business Insider, beberapa karyawan dan mantan karyawan McDonald’s mengaku ogah menyantap 6 menu makanan. Alasannya karena kandungan nutrisi hingga rasa makanan yang tak enak.

1. Sandwich ikan

McDonald’s punya produk Filet-O-fish yang punya sejarah cukup panjang. Sandwich ikan ini adalah produk non-hamburger pertama yang diluncurkan pada 1965.

Meskipun makanan ini diciptakan sebagai alternatif pengganti burger daging sapi tapi nyatanya karyawan McDonald’s tak mau menyantapnya. Seorang mantan karyawan di Virginia mengatakan sandwich ini punya rasa yang aneh dan tak enak.

Baca dulu : Ini Cerita Panjang Perjalanan Menu Filet-O-Fish dari McDonald’s

2. Salad

Seorang karyawan McDonald’s di Minnesota mengatakan kepada Business Insider bahwa mereka menghindari deretan menu seperti salad. Salad a la McDonald’s digadang-gadang memiliki kalori yang sangat tinggi.

Salad ayam misalnya yang mengandung 520 kalori, salad dengan bacon mengandung 490 kalori sementara salad ayam panggang mengandung 320 kalori. Sebagai perbandingan, sebuah sandwich Big Mac mengandung 540 kalori.

3. Minuman manis
Seorang pengguna Reddit mengatakan kalau teh manis McDonald’s memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Dalam segelas minuman manis ini mengandung sekitar 113 gram gula. Belum lagi minuman bersoda yang mengandung 77 gram gula. Padahal menurut The American Heart Association, konsumsi maksimal gula harian untuk laki-laki dewasa adalah tak lebih dari 36 gram gula. Sementara batas konsumsi gula pada wanita yakni 25 gram gula per hari.

4. Makanan edisi tertentu

Beberapa kali McDonald’s mengeluarkan menu dalam edisi terbatas seperti McRib. Sandwich dengan daging iga sapi ini tak pernah jadi best seller. Pasalnya menu ini memiliki tampilan yang berantakan.

Saus diguyur tepat di atas daging iga, sehingga menutup seluruh bagian daging dan membuatnya tak terlihat.

5. Sandwich ayam

Selain sandwich isi ayam goreng, McDonald’s juga menyediakan menu sandwich dengan isi ayam panggang. Menu ini diklaim lebih sehat namun nyatanya tidak.

Seorang pengguna Reddit mengatakan sebelum dipanggang, ayam lebih dulu diolesi mentega dalam jumlah banyak. Jadi percuma saja ayam dipanggang namun mengandung banyak lemak.

Tapi pada 2015, McDonald’s mengganti mentega dengan minyak zaitun pada menu ayam panggangnya. Ini diklaim sebagai langkah yang lebih baik.

6. Menu sarapan baru

Ketika McDonald memperkenalkan Egg White Delight McMuffin pada tahun 2013, menu ini dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat daripada McMuffin biasa. Tetapi satu orang karyawan tampaknya tak setuju.

“Putih telur tidak lebih sehat dibanding sebutir telur utuh,” jelas seorang karyawan dalam tulisannya di Reddit pada 2014 lalu. “Mentega yang digunakan sangat banyak jadi percuma saja mengurangi lemak pada kuning telur. Sebagai alternatif sebaiknya memesan sandwich dengan telur bulat utuh saja,” tulis karyawan tersebut.