Home / BERITA / Menpora Berharap Piala Presiden Musim Depan Diikuti Klub Luar Negeri

Menpora Berharap Piala Presiden Musim Depan Diikuti Klub Luar Negeri

Imam Nahrawi © Fitri Apriani

 

Pasarliga.org – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi memberikan masukan untuk penyelenggaraan turnamen Piala Presiden musim depan. Dia berharap, turnamen pra musim tersebut bisa diikuti tim dari luar negeri.

Piala Presiden pertama kali diputar pada 2015 dan dioperatori oleh Mahaka Sports Entertainment. Kala itu, ada 16 klub peserta yang terdiri dari 13 klub ISL dan tiga klub Divisi Utama.

Untuk edisi kedua pada 2017, penyelenggaraan Piala Presiden diambil alih oleh PSSI dan untuk jumlah peserta pun mengalami peningkatan. Total, ada 20 tim ikut berpartisipasi, terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua tim Liga 2.

Kemudian untuk edisi ketiga pada 2018, pihak penyelenggara tetap mengundang 20 tim peserta. Dengan rincian 15 klub Liga 1, tiga tim promosi Liga 1, dan dua klub Liga 2 yang menempati rangking empat dan lima saat kompetisi musim 2017.

Untuk musim 2019, Imam ingin tim peserta Piala Presiden tidak hanya diikuti oleh klub-klub terbaik di Indonesia. Sebab, pria asal Bangkalan ini ingin penyelenggaraan turnamen tersebut ke depannya semakin baik.

“Semoga di tahun-tahun yang akan datang, Piala Presiden bisa diikuti juga oleh klub luar negeri. Sehingga lebih menggema lagi kebangkitan sepakbola Tanah Air ini sampai ke mancanegara,” ujar Imam usai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1).

Lebih jauh, Imam juga menyoroti terkait pelaksanaan Piala Presiden yang tanpa menggunakan dana APBN. Menurutnya, hal itu sangat baik bagi persepakbolaan di Tanah Air.

“Saya senang Piala Presiden bisa bergulir untuk ke tiga kalinya tanpa APBN. Ini berarti penyelenggara betul-betul mendapat kepercayaan dari sponsor, dari masyarakat bola,” katanya.

“Ini model yang luar biasa karena sesungguhnya sepakbola itu mensejahterakan. Bola menggembirakan dan gambaran itu kita lihat di pembukaan Piala Presiden yang ke tiga di GBLA,” Imam mengakhiri.

 

sumber : bola.net

About pasarliga

Check Also

Van Dijk Terinspirasi Sami Hyypia

PASARLIGA – Bek tengah Liverpool, Virgil Van Dijk, menjelaskan mengapa dirinya memilih menggunakan nomor punggung ...

Please disable Adblock!