Home / Nasional / Kebakaran Hutan Gunung Lawu Akhirnya Padam

Kebakaran Hutan Gunung Lawu Akhirnya Padam

 Kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu yang melanda kawasan hutan lindung setempat berhasil dikendalikan, setelah petugas gabungan melakukan upaya pemadaman.

Anggota Koramil Sine Kodim 0805/Ngawi Koptu Sigit Pawanto, Minggu mengatakan pihaknya bersama petugas KPH Lawu Ds tetap akan melakukan penyisiran guna mengantispasi titik api baru, meski api sudah dapat dipadamkan.

“Meski api sudah padam, petugas masih memantau dan melakukan penyisiran di lokasi bekas kebakaran. Hal itu guna mengantisipasi kemungkinan munculnya kembali titik api dari sisa bara yang belum padam sempurna,” ujar Sigit Pawanto seperti dikutip Antara, Senin (10/9).

Secara keseluruhan disebutkan, ada lima petak hutan lindung Gunung Lawu yang terbakar. Petak hutam yang terakhir berhasil dipadamkan adalah di petak 15 dan 17 di atas kawasan wisata Kebun Teh Jamus.

Seperti diketahui, hutan lereng Gunung Lawu mulai terbakar sejak pertengahan Agustus lalu. Kebakaran diduga akibat ulah manusia yang membuat api unggun saat pedakian merayakan hari kemerdekaan RI di Gunung Lawu wilayah kawasan Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tegah.

Bara api yang belum padam tersebut kemudian membakar hutan lindung dan menyebar ke kawasan puncak Lawu masuk petak 73 di Kabupaten Magetan.

About pasarliga

Check Also

Bandara Palu Dibuka, Di Utamakan Untuk Misi Kemanusiaan

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Air Navigation atau AirNav) wilayah Makassar, melalui ...