Home / Gaya Hidup / Kawanan Hiu Paus Mulai Sambangi Perairan Gorontalo

Kawanan Hiu Paus Mulai Sambangi Perairan Gorontalo

PASARLIGA – Pantai Botubarani di Provinsi Gorontalo, mulai didatangi oleh kawanan Hiu Paus (Rhincodon typus) sejak Kamis (3/5).

Setiap tahunnya, kawasan perairan ini memang selalu didatangi oleh mereka sepanjang bulan April dan Agustus. Tahun lalu yang datang tercatat berjumlah 18 ribuan ekor.

 

Salah seorang warga, Arfan Napu, mengatakan kalau hingga hari ini Senin (7/5) kawanan Hiu Paus masih terlihat bolak-balik di bibir pantai yang berada di Kabupaten Bone Bolango itu.

Sejak pertama kali melihat penampakannya, Arfan bersama warga lain berusaha mengundang lebih banyak hiu dengan menebar makanan kesukaan mereka yaitu kepala udang.

“Kemunculan Hiu Paus selalu membuat pantai lebih ramai dengan pengunjung. Kami mencoba mengundang mereka dengan memberi makan kepala udang,” ujar Arfan.

 

Arfan berharap musim Hiu Paus di Gorontalo berlangsung lebih panjang, sehingga industri pariwisata di sekitar Pantai Botubarani menggeliat lebih lama.

“Kami mulai menjual paket wisata melihat Hiu Paus dari dekat melalui perahu nelayan yang bertarif Rp15 ribu per orang dan pakan kepala udang seharga Rp10 ribu per kantong,” kata Arfan.

Sementara itu salah seorang pengunjung asal Jakarta, Devyani mengaku senang bisa melihat Hiu Paus dari dekat di perairan Indonesia.

“Ini pertama kali saya melihat Hiu Paus. Selain bisa memberi makan, saya juga bisa memotretnya dari atas perahu nelayan,” ujar Devyani.

Devyani mengaku sangat terkesan dengan pemandangan alam Pantai Botubarani serta bonus menyaksikan penampakan Hiu Paus di sana. Ia mengaku bakal kembali lagi ke Gorontalo untuk bisa menjelajah objek wisata lainnya di sana.

 

 

About pasarliga

Check Also

10 Destinasi untuk Bersantai di Dunia

  Tidak sedikit orang yang merasa jika dunia berputar semakin cepat dan membingungkan. Untuk meredam ...