Home / BERITA UNIK / Jembatan Yang Dipercaya Dibangun Oleh Iblis

Jembatan Yang Dipercaya Dibangun Oleh Iblis

PASARLIGA – Jembatan adalah salah satu bangunan penting yang berfungsi untuk menghubungkan antar tempat di sisi satu dengan sisi lainnya yang terpisahkan oleh sungai, jurang, ataupun ketinggian. Dalam sejarah, penggunaan jembatan pun terbukti telah digunakan sejak beberapa ratus tahun yang lalu dengan berbagai macam fungsi dan tujuan.  Jembatan normalnya memang dibangun oleh manusia dengan berbagai macam alasan dan tujuan. Namun apakah sahabat sekalian tahu? Ternyata ada beberapa jembatan di dunia yang diduga telah dibangun oleh iblis! (Mari kita ulas lebih dalam alasan dibalik dugaan yang mencengangkan ini). Dimana kebanyakan jembatan – jembatan ini telah berusia sekitar ratusan tahun, bahkan ribuan tahun. Berikut adalah Jembatan Yang Diduga Telah Dibangun Oleh Iblis.

Jembatan Ponte Della Maddalena Italia
Jembatan-Ponte-Della-Maddal
Ponte Della Maddalena (Jembatan Mary Magdalena) dibangun diseberang sungai Serchio di Borgo a Mozzano, Italia. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan tepatnya jembatan ini dibangun, namun para sejarawan memperkirakan kalau jembatan ini dibangun sekitar tahun 1046 sampai 1115. Bahkan jembatan ini pun telah mengalami renovasi pada abad ke-14. Sungguh jembatan yang sudah sangat tua kan? Faktanya, nama asli jembatan ini pun sebenarnya sudah lama terlupakan, sehingga nama saat ini didapat pada tahun 1500 ketika sebuah kapel dibangun ditepian sungai untuk menghormati seorang wanita bernama Mary Magdalena.
Dalam legenda lokal, dikatakan kalau jembatan ini telah diselesaikan oleh iblis setelah arsiteknya (manusia) menyadari kalau ia tidak bisa menyelesaikan jembatannya sebelum batas waktu. Dan iblis pun setuju untuk membantunya menyelesaikan jembatan tersebut dengan imbalan jiwa orang pertama yang melewati jembatan ini. Lalu sang arsitek pun memberitahukan kepada pastur setempat, dan ia disarankan sang pastur untuk mengirimkan seekor babi untuk menyeberangi jembatan. Saat sang iblis menyadari kalau ia telah ditipu, sang iblis pun akhirnya memutuskan untuk melompat ke sungai dan tidak pernah terlihat lagi.
Jembatan Monnow Wales
Jembatan-Monnow-Wales
Dalam mitologi Welsh, Jack o’ Kent adalah sosok legendaris yang terkenal karena ia selalu berhasil mengakali iblis diberbagai kesepakatan. Diyakini bahwa ia telah menjual jiwanya kepada iblis untuk mendapatkan kekuatan supranatural atau bahkan kekuatan untuk mengendalikan iblis itu sendiri! Pada salah satu kesepakatan, Jack meminta iblis untuk membangun sebuah jembatan diatas sungai Monnow dengan imbalan jiwa orang pertama yang menyeberangi jembatan (Hampir mirip seperti kisah jembatan diatas ya sahabat). Dan dengan cepat, sang iblis menyetujui kesepakatan tersebut dan menyelesaikan pembuatan jembatan hanya dalam waktu 1 malam saja.
Lalu sang iblis pun menyuruh Jack untuk menyeberangi jembatan agar sang iblis bisa mengambil jiwanya Jack dan pergi. Namun, Jack memiliki ide lain. Ia memikat seekor anjing yang sedang kelaparan menggunakan tulang dan melemparkan tulang tersebut ke jembatan, sehingga jiwa anjing tersebutlah yang dibawa oleh sang iblis, bukan jiwanya Jack. Begitulah mengapa jembatan Monnow ini sampai sekarang masih dipercaya telah dibangun oleh kekuatan iblis, bukan manusia!
Jembatan Tarr Steps Inggris
Jembatan-Tarr-Steps-Inggris
Jembatan Tarr Steps adalah jembatan batu kecil yang berada di Taman Nasional Exmoor di Somerset, Inggris. Berbeda dengan jembatan – jembatan sebelumnya, jembatan ini hanyalah jembatan batu yang dibuat dengan menggunakan batu – batuan yang diatur sedemikian rupa untuk menopang batu lempengan datar sebagai tapaknya, terlihat sederhana dan seperti karya seni yang indah. Namun, tidak ada satu orang pun yang tahu kapan jembatan Tarr Steps ini dibangun. Tetapi para peneliti telah memiliki beberapa perkiraan tahun pembuatan, sekitar tahun 1000 Sebelum Masehi atau pada tahun 1400 Masehi. Dalam legenda setempat dikatakan bahwa jembatan ini dibangun oleh iblis agar ia bisa berjemur ditengah sungai untuk menikmati alam sekitar, bukan untuk menyeberanginya.
Jembatan Ponte da Mizarela Portugal
Jembatan-Ponte-da-Mizarela-
Ponte da Mizarela (Jembatan Misarela) yang sangat indah dan kaya akan nuansa alam ini berada di Montalegre, Portugal, yang disebut juga dengan “jembatan iblis” atau “jembatan dari neraka”, karena konon katanya, jembatan ini dibangun oleh iblis. Dalam cerita rakyat setempat, seorang penjahat meminta kepada iblis untuk membuatkan ia jembatan karena ia sedang terjebak di tepi sungai saat mencoba melarikan diri dari kejaran penduduk dari desa setempat.
Iblis dengan piciknya pun bersedia membantu sang penjahat, dimana ia mensyaratkan akan membuatkan jembatan yang akan dibayar dengan jiwanya. Sang penjahat pun menyetujuinya dan berhasil melarikan diri menggunakan jembatan tersebut, dan jembatan tersebut pun menghilang sebelum para penduduk yang mengejar sang penjahat mencapai jembatan ini. Setelah pelariannya, sang penjahat pun menyadari kalau jiwanya sudah diambil oleh sang iblis, dan ia pun ingin bertobat dan menceritakannya kepada seorang pastur. Sang pastur pun memberikan ia beberapa botol air suci dan memerintahkan ia untuk memercikan air suci tersebut ke jembatan.
Sang penjahat pun kembali ke sungai untuk meminta sang iblis memunculkan kembali jembatan ajaib tersebut. Dan setelah jembatan tersebut kembali muncul, dengan segera sang penjahat memercikan air suci yang ia bawa ke jembatan tersebut, dan akhirnya ia pun berhasil mengembalikan lagi jiwanya yang telah diambil sang iblis. Setelah kejadian tersebut, jembatan ini pun akhirnya tidak kembali menghilang, sehingga masih ada sampai sekarang. Menakjubkan sekali ya sahabat kalau memang benar begitu asal muasalnya.
Jembatan Teufelsbrucke Swiss
Jembatan-Teufelsbrucke-Swis
Ngarai Schollenen di Kanton Uri, Swiss, ini dulunya adalah ngarai yang berbahaya bagi para pelancong. Dan didalam legenda setempat, para penduduk di kanton telah melakukan banyak sekali upaya untuk membagun jembatan diatas lembah, namun keledai yang membawa bahan bangunan terus saja terjatuh dari atas gunung. Setelah mereka merasa frustasi, akhirnya mereka pun membuat kesepakatan dengan iblis. Sang iblis pun mengajukan syarat yang hampir sama seperti beberapa kisah diatas, yakni meminta imbalan jiwa dari orang yang pertama kali menyeberangi jembatan. Setelah para penduduk menyetujuinya, sang iblis pun menyelesaikan pembuatan jembatan di keesokan harinya sambil menunggu orang pertama yang akan menyeberang diujung jembatan.
Dan masih hampir sama seperti kisah diatas, seorang petani mengirimkan kambingnya untuk menyeberangi jembatan. Sang iblis pun marah dan langsung mencabik kambing tersebut menjadi 100 bagian. Dan masih dengan kemarahannya, sang iblis pun menuruni gunung untuk mencari batu terbesar yang bisa ia temukan dan membawanya perlahan ke atas gunung. Dengan rasa takut, akhirnya seorang wanita tua dari penduduk setempat pun menghampiri sang iblis yang sedang membawa batu besar dengan wajahnya yang tampak kelelahan. Sang wanita tua ini pun membuat tanda salib di batu besar tersebut, sehingga sang iblis tidak mampu memindahkan batu tersebut. Karena ia merasa kesulitan memindahkan batu besar tersebut, akhirnya sang iblis pun kembali ke neraka karena merasa malu. Dan kini, jembatan Teufelsbrucke pun dikenal dengan sebutan “Jembatan Iblis”, dan batu besar yang ditinggalkannya pun kini disebut dengan “Batu Iblis”.

About pasarliga

Check Also

Operasikan Jet Siluman Termahal

PASARLIGA – Israel menjadi negara pertama yang mengoperasikan jet tempur siluman termahal sekaligus tercanggih, F-35 Adir seharga Rp1,8 ...