Home / Gaya Hidup / Diet Paling Populer di Media Sosial

Diet Paling Populer di Media Sosial

 Dunia maya sekarang ini bisa memberi tahu Anda tentang banyak hal. Ibarat kata tak ada hal yang tak bisa dicari di internet, termasuk soal hidup sehat dan diet.

Tren menggunakan hashtag di segala lini media sosial menyatukan orang-orang dengan ketertarikan serupa menjadi satu komunitas besar. Salah satu kelompok yang paling aktif adalah komunitas diet.

Macam diet seperti keto, diet TLC dan ragam diet lainnya jadi ramai diperbincangkan akibat eksistensi di media sosial yang membuat banyak orang penasaran akan keefektifannya.

Walaupun namanya tak lagi asing di telinga kebanyakan orang, ternyata menurut tim peneliti dari Brandwatch, diet keto bukanlah ragam diet yang paling populer di media sosial. Brandwatch berhasil mengevaluasi profil “influencer” atau selebriti media sosial teratas untuk mengurai tren diet mana yang paling digemari saat ini.

Berdasar analisis, jenis diet paling populer di dunia maya adalah diet vegan.

Namun ingat, vegan bukanlah vegetarian.

Diet vegetarian umumnya dipahami sebagai diet yang tidak mengonsumsi daging dan ikan, tetapi masih bisa mengonsumsi telur dan produk susu. Sedangkan vegan membawa konsep ini lebih dalam lagi.

Vegan sendiri lebih mengacu kepada keseluruhan gaya hidup, di mana setiap item yang berasal dari hewan dihindari sebisa mungkin. Bukan hanya soal menghindari makanan hewani, tapi juga minuman, pakaian, hingga alat rumah tangga.

Di antara cuitan dari beberapa influencer terbesar, veganisme mengonsumsi lebih banyak percakapan dari dua diet lain yang juga banyak diperbincangkan yaitu, diet gluten free di posisi kedua yang diikuti dengan vegetarian.

Begitu pula halnya dengan Instagram. Berbagai hashtag yang berkaitan dengan diet vegan merupakan topik yang paling populer dalam komunitas diet di Instagram. Hashtag #vegan bahkan ditemukan di lebih dari 64 juta pos terbaru, berdampingan dengan hashtag serupa lainnya seperti #veganbreakfast dan #veganrecipe.

Mia Zarlengo, MS RD, pemegang akun @bitesbymi di Instagram mengatakan hampir 30.000 pengikutnya senang ketika ia membicarakan resep vegan di akunnya.

“Menurut saya pembicaraan tentang makanan vegan benar-benar meningkat di tahun 2018 ini,” ujarnya, dikutip dari The Daily Meal.

“Saya pikir orang-orang mulai tertarik dengan makanan berbasis nabati karena ketersediaannya yang mulai meningkat dan rasanya yang juga lezat.”

Walaupun tak semua pengikutnya mengikuti diet vegan secara menyeluruh, namun ramainya pembicaraan vegan di media sosial telah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang cara mereka memasukkan produk dan resep vegan ke dalam rutinitas secara perlahan.

About pasarliga

Check Also

Anies Akan Segera Isi Jabatan Kosong di Pemda DKI

 Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebut bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera menunjuk orang untuk ...