Home / BERITA BOLA / Data dan Fakta Liga Champions: Manchester City vs Celtic

Data dan Fakta Liga Champions: Manchester City vs Celtic

 

manchester-city_227f36b

Manchester City akan menjamu Celtic dengan serius namun santai di matchday 6 grup C Liga Champions di Etihad, Rabu (07/12).

Duel ini sejatinya sudah tak menentukan bagi kedua klub. Sebab nasib  mereka sudah ditentukan sejak matchday 5 kemarin. Pasukan Josep Guardiola dipastikan lolos sebagai runner up grup, sementara skuat Brendan Rodgers juga sudah dipastikan terpuruk di posisi dasar klasemen. Keduanya bisa main dengan cukup santai di laga kali ini, apalagi nanti mereka akan kembali berlaga di akhir pekan. Namun khusus untuk City mereka tak bisa terlalu santai karena harus bisa meraih hasil bagus sebagai penebusan atas kekalahan dari Chelsea.

Jelang dimulainya pertandingan tersebut, mari simak dahulu kumpulan data dan fakta dari pertemuan-pertemuan kedua klub itu sebelumnya.

  • Satu-satunya kemenangan Celtic di laga tandang lawan tim Inggris di Piala Eropa/Liga Champions terjadi di semifinal musim 1969-1970 ketika mereka mengalahkan Leeds di Elland Road (1-0).
  • Sejak itu, Celtic telah kalah dua kali dalam lawatannya ke Inggris dalam kompetisi utama Eropa. Dua kekalahan itu terjadi lawan Manchester United dan skornya sama yakni 3-0.
  • Pertandingan antara Manchester City dan Celtic September lalu menghasilkan enam gol (3-3) dan tidak ada kartu. Striker The Hoops Moussa Dembele mencetak gol dengan dua tembakannya di laga tersebut.
  • Manchester City telah mencapai tahap sistem gugur Liga Champions untuk musim keempat berturut-turut. Namun, mereka cuma bisa sekali saja lolos sebagai juara grup (2015/16). Ini juga untuk pertama kalinya Pep Guardiola belum memastikan tempat teratas dalam kampanye grup Liga Champions sebagai manajer.
  • Sementara itu, Celtic sudah pasti finis di posisi terbawah klasemen, yang terjadi (termasuk musim ini) dalam tiga dari empat kampanye terakhir mereka di Liga Champions.
  • Manchester City tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir mereka di kandangnya sendiri di Liga Champions (M5 S2). Hal itu merupakan rentetan tanpa kekalahan terpanjang yang pernah dicatat City dalam kompetisi UCL di Etihad. Mereka bisa memenangkan semua (tiga) pertandingan kandang mereka di penyisihan grup Liga Champions untuk pertama kalinya.
  • Manchester City juga hanya kebobolan satu gol dalam lima pertandingan kandang mereka di Liga Champions pada tahun 2016. Satu-satunya gol itu dicetak oleh Lionel Messi.
  • Manchester City telah memenangkan pertandingan terakhir grup mereka di empat dari lima kampanye mereka sebelumnya di liga Champions (K1).
  • Celtic telah kalah dalam 26 dari 29 pertandingan tandang mereka di Liga Champions (M1 S2) dan tidak pernah bisa mencetak clean sheet.
  • Celtic tak pernah menang dalam delapan pertandingan terakhir mereka di Liga Champions, dan catatan itu sama dengan catatan terpanjang tanpa kemenangan mereka dalam kompetisi tersebut sebelumnya.
  • Celtic juga gagal mencatatkan clean sheet dalam 18 laga terakhir mereka di Liga Champions.
  • Hanya Legia Warsawa yang kebobolan lebih banyak (24) ketimbang Celtic (15) di Liga Champions musim ini.
  • Moussa Dembele mencetak tiga dari empat gol Celtic di Liga Champions musim ini.
  • Brendan Rodgers hanya menang sekali saja dari 11 laga di fase grup sebagai manajer di liga Champions. Satu-satunya kemenangan itu ia raih saat Liverpool mengalahkan Ludogorets Razgrad (2-1) pada September 2014 silam.
  • Sergio Aguero hanya bisa mencetak gol di satu dari enam laga terakhirnya di Liga Champions di Etihad (hattrick lawan Borussia Monchengladbach).

About pasarliga

Check Also

Gol Telat Firmino Bawa Liverpool Menang Dramatis Atas PSG

  Pasarliga.org  –   LIVERPOOL – Liverpool FC meraih kemenangan yang sangat dramatis ketika menjamu raksasa Prancis, ...