Home / Gaya Hidup / Berburu Tiket Dadakan Saat Mudik Lebaran

Berburu Tiket Dadakan Saat Mudik Lebaran

PASARLIGA – Rencana untuk mudik memang sudah seharusnya dilakukan dari jauh-jauh hari. Selain untuk mengantisipasi kehabisan tiket, cara ini juga dilakukan guna mendapatkan tiket yang lebih murah. Namun, ada kalanya juga Anda harus membeli tiket mudik secara dadakan karena satu dan lain hal yang sifatnya mendesak.

Meskipun peluang mendapatkan tiketnya terbilang lebih kecil, tapi Anda masih tetap bisa mendapatkan tiket transportasi umum ke kota tujuan mudik. Pertama, Anda harus bersikap tetap tenang, jangan panik, dan ikuti tips-tips berikut ini tentang berburu tiket dadakan saat mudik Lebaran.

Cermat Melihat Peluang


Saat harus membeli tiket mudik secara dadakan, Anda harus cermat melihat peluang karena bisa jadi tersedia penawaran menarik di waktu yang mendesak ini. Misalnya, ada penumpang lain yang harus membatalkan pesanan tiketnya karena ada urusan penting sehingga membuatnya batal mudik.

Untuk bisa mengetahui hal ini, Anda harus sering melihat agen perjalanan seperti Traveloka agar dapat melihat ketersediaan tiket last minute. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan uang lebih dari biasanya karena ada beberapa maskapai penerbangan yang memberikan biaya tambahan untuk close-in booking fee seperti ini. Terlepas dari hal ini, Anda memang perlu menyiapkan bujet lebih untuk membeli tiket secara dadakan saat ingin pulang mudik.

Fleksibel dalam Memilih Transportasi

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda jangan hanya terpaku pada satu sarana transportasi saja. Cobalah untuk melirik sarana transportasi lain yang mungkin masih menyediakan tiket sisa dan bisa digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Anda bisa melirik transportasi kereta api yang tak kalah nyamannya dengan pesawat.

Alternatif terakhir adalah dengan menggunakan bus. Mudik dengan bus ini bisa menjadi alternatif dengan tiket yang lebih murah. Bus menjadi alternatif yang paling populer untuk mudik bagi orang Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan Traveloka untuk mendapatkan hasil pencarian tiket bus yang lengkap dan komprehensif.

Cari Rute Alternatif

Trik lain dalam berburu tiket mudik secara dadakan adalah dengan mencari rute alternatif ke kota tujuan. Cara ini bisa Anda lakukan saat tiket transportasi umum yang langsung ke kota tujuan habis terjual. Anda bisa mencarinya melalui fitur Connecting Flights atau kereta lanjutan melalui aplikasi Traveloka.

Pilihlah transportasi umum dengan tujuan terdekat ke kota Anda dan masih tersedia tiketnya. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke kota tujuan akhir dengan menggunakan transportasi lanjutan. Memang sedikit sulit, namun yang terpenting Anda bisa mudik dengan membeli tiket dadakan, bukan?

Bijak dalam Memilih Tanggal

Memilih pulang mudik sebelum Lebaran dengan membeli tiket secara dadakan bisa dikatakan hal yang mustahil. Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam memilih tanggal keberangkatan ke kampung halaman. Jika sudah tidak memungkinkan, pindahkanlah waktu keberangkatan Anda setelah Lebaran. Meski kemungkinan masih dalam kondisi ramai, tapi setidaknya peluang Anda mendapatkan tiket masih jauh lebih besar.

Memesan tiket secara dadakan memang membutuhkan perjuangan dan banyak tantangannya, tapi bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

About pasarliga

Check Also

Mahasiswa Baru Alami Gangguan Mental

 Peralihan dari masa SMA menuju dunia perkuliahan memberikan kesan yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada di antaranya ...