Home / Gaya Hidup / Area Kewanitaan Terasa Gatal ? Hati-hati Terinfeksi

Area Kewanitaan Terasa Gatal ? Hati-hati Terinfeksi

PASARLIGA – Wanita masa kini memiliki beragam aktivitas yang cukup padat, bahkan beban pekerjaannya terkadang sama beratnya dengan laki-laki. Setelah disibukkan dengan padatnya pekerjaan di kantor, malam harinya, kebanyakan wanita membiasakan dirinya untuk pergi ke gym untuk berolahraga.

Olahraga favorit sebagian wanita modern yakni yoga. Jadi jangan heran bila banyak wanita melakukan yoga karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehat mereka.

Meskipun gemar berolahraga namun rata-rata wanita yang kehidupannya sangat aktif dan sibuk inilah yang sering kali mengabaikan diri mereka sendiri. Mungkin mereka tidak mengabaikan pola makan, tetapi bagaimana dengan masalah kesehatan?

Merasa sehat bukan berarti bebas terserang berbagai jenis bakteri dan bisa terhindar dari infeksi virus/jamur tertentu. Biasanya, para wanita yang terbiasa hidup aktif dan melakukan beragam aktivitas justru lebih rentan terinfeksi jamur atau bakteri.

Keringat berlebih usai bekerja dan berolahraga menjadi tempat favorit bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Akibatnya hormon kortisolakan meningkat dan mengakibatkan area kewanitaan semakin lembap sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi serta iritasi di area tersebut. Masalah infeksi ini bisa semakin parah bila wanita tidak menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan usai berolahraga.

“Infeksi jamur di vagina adalah keluhan kedua yang umum terjadi pada perempuan, biasanya disebabkan oleh jamur Candida albicans,” ujar Lisa M Krikorian dari klinik gikologi di Lahey Clinic, Burlington, seperti dikutip dari Everydayhealth.

Sebenarnya, setiap wanita bisa mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri di area kewanitaan mereka, terutama setelah berolahraga.Berikut ini tiga cara sederhana yang bisa dilakukan agar terhindar dari risiko infeksi, serta bisa tetap sehat dan aktif.

1. Menggunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Dalam keseharian, gunakan pakaian dalam yang nyaman, tidak ketat, dan sebaiknya berbahan katun supaya lebih mudah menyerap keringat. Jika celana dalam lembap, dianjurkan untuk segera ganti tetapi jangan meminjam atau menukar pakaian dalam atau handuk dengan teman di tempat gym.

2. Cuci Pakaian Dalam yang Baru Dibeli

Sebelum memakai pakaian, apalagi pakaian dalam, sudah seharusnya dicuci terlebih dahulu. Bakteri dan virus ada di mana saja dan bisa berpindah melalui perantara tertentu. Pakaian baru biasanya sudah pernah dicoba atau dipegang-pegang oleh orang lain.

3. Hindari Sabun Mandi Biasa untuk Membersihkan Area Kewanitaan

Menjaga kebersihan area kewanitaan mutlak dilakukan oleh semua wanita, tapi tak bisa sembarangan. Jika asal-asalan, area kewanitaan justru bias teriritasi, bahkan kehilangan keseimbangan pH.

Ginekolog di University of Illinois Jessica Shepherd, MD, mengatakan pada dasarnya vagina memiliki mekanisme yang luar biasa untuk menjaga kesehatan ekosistemnya. Biasanya, vagina memiliki kadar pH 3,5-4,5. Sedangkan, produk kebersihan seperti sabun mandi yang banyak busa kemungkinan basanya ‘bermigrasi’ ke vagina yang umumnya memiliki pH 8.

Akibatnya, keseimbangan pH di area kewanitaan rusak, menyebabkan gatal, iritasi, dan berbau tidak sedap.

4. Bersihkan Area Kewanitaan dengan Pembersih Khusus

Gunakan produk pembersih khusus untuk area kewanitaan yang lembut dan memiliki pH alami 3,5-4 yang sesuai dengan keasaman area kewanitaan agar kelembapan tetap terjaga seimbang dan tidak membunuh bakteri baik di dalamnya. Selain itu, pilih pembersih kewanitaan yang telah teruji secara dermatologi dan cocok untuk kulit paling sensitif sekali pun atau hypoallergenic.

Absolute Hypoallergenic bisa menjadi solusi tepat karena memiliki pH 3,5 yang sesuai dengan pH alami area kewanitaan. Dengan kandungannya yang Hypoallergenic dan dermatologis setiap wanita tetap dapat menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanintaannya karena aman dan nyaman digunakan setiap hari, bahkan cocok untuk kulit sensitif sekalipun.

Varian Youth Revitalize diperkaya dengan Collagen yang dapat merawat kelembutan kulit. Ekstrak collagen juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit di area kewanitaan.Sementara Varian Naturally Soothing diperkaya Aloe Vera yang bias membantu mengurangi iritasi ringan pada area kewanitaan danjuga menjaga kelembabannya.

Disarankan untuk menggunakan Absolute Hypoallergenic 2 kali sehari pada saat mandi. Produk ini juga bias digunakan dengan frekuensi lebih sering saat periode menstruasi.

Absolute Hypoallergenic merupakan teman yang tepat untuk wanita aktif. Keep active and healthy for more confident!

 

About pasarliga

Check Also

10 Destinasi untuk Bersantai di Dunia

  Tidak sedikit orang yang merasa jika dunia berputar semakin cepat dan membingungkan. Untuk meredam ...