Home / Travel / 5 Destinasi wisata menyelam Didunia

5 Destinasi wisata menyelam Didunia

  Sama seperti daratan, lautan juga memiliki misterinya tersendiri. Percayalah bahwa pemandangan di bawah laut tak ada yang sama.

Jika berencana untuk melakukan perjalanan wisata menyelam, berikut adalah lokasi-lokasi “aneh” untuk mendapatkan pengalaman menyelam yang baru

1. Silfra, Islandia


Suhu air yang dingin, sekitar 2-4 derajat Celcius, bukan menjadi halangan bagi para penyelam untuk melihat palung yang menopang dua benua. Tempat ini menjadi lokasi bertemunya lempeng Amerika Utara dan Eurasia.

Medan penyelaman di sini ipenuhi oleh bebatuan raksasa yang menyerupai peninggalan era megalitik. Lempeng di kedua sisinya bergerak sekitar dua centimeter setiap tahunnya. Kondisi airnya juga terbilang jernih untuk mengamati setiap detilnya.

Jika menyelam di tempat ini, maka akan setiap orang mendapatkan tiga titik menyelam sekaligus yaitu Silfra Hall, Cathedral, Silfra Lagoon.

2. Pulau Yaeyama, Jepang

Tempat ini menyajikan pemandangan kolosal, karena banyak reruntuhan bangunan yang menyerupai peradaban tua. Para penyelam yang sudah ke tempat ini bahwa berspekulasi sisa bangunan di sana adalah peradaban yang hilang, buah karya alien, sampai keajaiban alam semata.

Namun para arkeolog yakin jika reruntuhan bangunan ini dibuat sekitar 5-8 ribu tahun yang lalu. Perkara siapa yang membuatnya masih dicari kebenarannya.

Sayangnya tempat ini bukan lokasi yang tepat untuk para penyelam pemula, mengingat arusnya yang kencang dan berada di lokasi terpencil. Hanya penyelam dengan kemampuan tinggi yang bisa mencapai tempat ini.

3. Sangihe, Indonesia

Berada di kawasan Cincin Api, membuat Indonesia dianugerahi panorama yang tidak tertandingi. Sudah pasti untuk urusan bawah lautnya bisa digolongkan luar biasa.

Salah satu lokasi yang istimewa di Indonesia adalah Pulau Mahangetan, karena tempat ini merupakan kawasan gunung berapi bawah laut dengan susunan bebatuan yang eksotis.

Satu hal yang harus diwaspadai saat menyelam adalah gas sulfur. Jika nekad, maka gelembung sulfur itu akan ‘membakar’ tangan siapa pun.

4. Cancun, Meksiko

Menyukai kegiatan menyelam namun juga mencintai seni, museum seni modern bawah laut di Cancun, Meksiko, bisa menjadi tujuan penjelajahan selanjutnya.

Di tempat ini terdapat lebih dari 400 buah patung seukuran manusia yang tersebar. Pematung asal Inggris, Jason deCaires Taylor, adalah pemahatnya.

Ia membuat patung dengan bahan baku khusus yang bersahabat dengan lingkungan, khususnya terumbu karang.

5. Florida, Amerika Serikat

Jika selama ini kesan angker selalu menyelimuti kawasan kuburan, maka hal itu tidak akan didapatkan di kuburan bawah laut di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Layaknya museum bawah laut di Meksiko, batu-batu nisan di sana dibuat dari bahan yang ramah lingkungan. Bahkan saat ini kuburan bawah laut menjadi rumah bagi beragam satwa seperti bintang laut dan kerang.

Rencananya kawasan ini akan menampung sekitar 10 ribu jenazah.

About pasarliga

Check Also

Kuliner Kaki Lima di Bangkok Terancam Digusur

 Baru tahun lalu, Jay Fai, penjual makanan jalanan berusia 70 tahun di Bangkok, Thailand memenangkan ...