Home / Hukum / 2 Tersangka Suap Dirjen Hubla Kemenhub Ditahan Terpisah

2 Tersangka Suap Dirjen Hubla Kemenhub Ditahan Terpisah

Pasarliga.org -, Jakarta – KPK menahan 2 tersangka operasi tangkap tangan (OTT) terkait suap Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono. Mereka sedianya ditahan secara terpisah.

Tersangka yang keluar dari Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2017) pertama adalah Komisaris PT Adhi Guna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan sekitar pukul 02.14 WIB. Dengan wajah pucat, Adiputra masih menggunakan baretnya. Rompi oranye tahanan juga sudah tersemat di atas kemeja batik berwarna oranyenya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny BudionoDirektur Jenderal Perhubungan Laut A Tonny Budiono (Foto: Nurin/detikcom).

Tak sepatah kata keluar dari mulut Adiputra. Ia langsung masuk mobil tahanan.

Disusul sekitar pukul 02.27 WIB tersangka berikutnya, Dirjen Hubla A Tonny Budiono keluar. Ia sempat menerangkan soal duit yang tersimpan dalam 33 tas di kamar mesnya dan meminta maaf atas kekhilafannya.

“Itu kan untuk operasional saya, tapi itu melanggar peraturan. Jadi saya atas nama pribadi memohon maaf kepada masyarakat banyak. Mudah-mudahan ini tidak terulang kembali kepada pengganti saya nanti,” ungkap A Tonny Budiono.

Setelah itu Tonny masuk ke mobil tahanan untuk dibawa ke rumah tahanannya. Dua tersangka tersebut ditahan selama 20 hari pertama untuk keperluan penyidikan.

“Dirjen Hubla ATB (A Tonny Budiono) ditahan di Rutan Guntur dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama APK (Adiputra Kurniawan) di Polres Jakarta Timur. Keduanya ditahan untuk 20 hari pertama,” terang Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dikonfirmasi, Jumat (25/8/2017).

Tonny ditangkap KPK pada Rabu (23/8) kemarin. Dia diduga menerima suap dari Komisaris PT Adhi Guna Keruktama (AGK) Adiputra Kurniawan terkait proyek pengerukan Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

KPK pun mengamankan 33 tas berisi uang dengan berbagai jenis mata uang dengan total Rp 18,9 miliar. Selain itu, KPK mengamankan 4 kartu ATM yang salah satunya tersisa saldo Rp 1,174 miliar. Keseluruhan uang itu diduga merupakan suap yang diterima Tonny.

About pasarliga

Check Also

Pengedar Narkoba Ini Melawan Lantas Bergulat dengan Polisi

PASARLIGA –  MUBA – Kaisi, 36, warga Kecamatan Babat Supat, Sumsel, akhirnya diciduk. Pengendar narkoba di ...